Makanan Khas Yogyakarta (Gudeg)


Gudeg adalah makanan khas dari Daerah Istimewa Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda ( nangka , disebut gori ) direbus selama beberapa jam dengan gula aren dan santan dan bumbu tambahan termasuk bawang putih , bawang merah , pala, ketumbar , lengkuas , daun salam , dan jati daun , yang terakhir memberikan warna coklat kemerahan ke piring .

Terpusat di timur Alun-alun Utara Kraton , Wijilan adalah lokasi favorit wisatawan untuk menikmati makanan khas dari Daerah Istimewa Yogyakarta . Gudeg juga secara tradisional dikaitkan dengan Yogyakarta , dan Yogyakarta kadang-kadang dijuluki " Kota gudeg " .

Ada beberapa jenis Gudeg : basah, gaya Yogyakarta , gaya Solo dan Timur - gaya Jawa kering . Hangat kering dengan santan sedikit dan dengan demikian memiliki sedikit saus . Basah hangat termasuk susu lebih kelapa. Hangat paling umum dari Yogyakarta , dan biasanya manis , kering dan kemerahan dalam warna karena penambahan daun jati .

Gaya Solo kota dan Surakarta lebih encer  dengan banyak santan dan keputihan dalam warna karena daun jati umumnya tidak ditambahkan . Gaya Yogyakarta yang cenderung manis dan lebih panas dari gaya Jawa Timur.

Gudeg yang terkenal di Yogyakarta adalah Yu Djum . Ada juga beberapa yang tidak kalah enaknya gudeg di Yogyakarta . Jika Anda bepergian ke Yogyakarta , tidak afdol rasanya jika Anda belum mencicipi gudeg ini .

Mereka Juga Baca Artikel Ini:

No comments:

Post a Comment