Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)


Daerah Istimewa Yogyakarta adalah daerah istimewa di Indonesia yang merupakan perpaduan dari mantan ( Negara ) Kasultanan Yogyakarta dan [ Negara ] Kadipaten Paku Alaman . Daerah Istimewa Yogyakarta terletak di bagian tengah selatan Pulau Jawa dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia . Memiliki luas 3.185,80 km2 terdiri dari satu kota dan empat kabupaten , yang terbagi menjadi 78 kecamatan dan 438 desa / kelurahan. Menurut sensus 2010 penduduk memiliki populasi 3.452.390 jiwa dengan proporsi 1.705.404 laki-laki dan 1.746.986 perempuan , dan memiliki kepadatan penduduk dari 1.084 orang per km2 .

Penyebutan Daerah Istimewa Yogyakarta yang terlalu panjang menyebabkan sering terjadinya kondensasi menjadi DI Yogyakarta atau DIY . Daerah Istimewa Yogyakarta sering diidentikkan dengan begitu akurat disebut Jogja , Yogya , Yogyakarta , Jogjakarta . Meskipun memiliki kedua terkecil Daerah Khusus DKI Jakarta terkenal di tingkat nasional dan internasional . Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi tujuan wisata utama setelah Provinsi Bali . Selain lokal Daerah Istimewa Yogyakarta paling parah akibat gempa bumi pada 27 Mei 2006 dan letusan Gunung Merapi pada pertengahan Oktober - November 2010

Yogyakarta juga disebut Kota Pelajar karena banyak orang yang menjadikan Yogyakarta sebagai tujuan untuk belajar setinggi-tingginya . Ada juga banyak situs wisata di Yogyakarta . Misalnya Kraton Yogyakarta , Masjid Gedhe , Monjali , dan banyak lagi .

Ada juga yang menyebut Kota Yogyakarta gudeg . Karena gudeg berasal dari makanan khas Yogyakarta .

Mereka Juga Baca Artikel Ini:

No comments:

Post a Comment